5 Tips Jitu Merawat Mobil Berwarna Gelap, Dijamin Awet!

5 Tips Jitu Merawat Mobil Berwarna Gelap, Dijamin Awet!

Diposting pada oleh Yugo

Honda Balikpapan : Kamu punya mobil Berwarna gelap, seperti hitam atau dark navy? Memiliki mobil berwarna gelap memang agak ribet soal perawatan, terutama masalah cat atau warna mobil. Kalau gak pintar merawatnya, percaya deh 3 bulan pemakaian, cat mobil bakal kusam dan terlihat kurang menarik. Jadi malas kan?

Mobil gelap Hitam

Nah, berikut ini penulis punya tips nih merawat agar cat mobil berwarna gelapmu tetap awet dan kinclong. Penasaran? Simak ya dan jangan lupa dipraktekin.

1. Jangan cuci mobil dengan sabun berbahan detergen

Salah satu cara merawat agar mobil terlihat tetap awet warnanya dan kinclong adalah dengan mencucinya setiap kali kotor atau beberapa bulan sekali. Akan tetapi, kamu wajib memerhatikan sabun apa yang digunakan kala mencuci mobilmu.

Hindari menggunakan sabun dengan bahan dasar detergen yang dapat membuat warna cat mobil terutama mobil gelap jadi cepat kusam dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu gunakan hanya sabun pencuci berbahan dasar air atau shampoo saja.

2. Hindari mencuci mobil Gelap di siang hari

Memang ada hubungan mencuci di siang hari dengan rusaknya lapisan warna cat mobil berwarna gelap? Jawabannya tentu ada. Jadi setelah dicuci, mobil biasa akan meninggalkan bekas air atau sabun.

Jika kamu tidak membersihkan bekas air dan sabun ini dengan benar maka timbul jamur di permukaan cat mobilmu. Terlebih jika mobil dibiarkan saja di bawah sinar matahari siang hari yang terik. Niscaya, jamur akan mudah berkembang dan merusak komponen cat.

Untuk itu, usahakan hanya mencuci di pagi atau sore. Hindari juga mencuci mobil di ruangan terbuka atau langsung terkena sinar matahari. Selain itu, setelah selesai mencuci sebaiknya kamu juga langsung lap permukaan mobilmu dengan kain berbahan microfiber hingga benar-benar kering.

3. Teknik mengelap harus benar

Seperti sudah disebutkan di poin sebelumnya, mengelap mobil setelah dicuci sangatlah penting agar jamur tidak berkembang dan merusak cat. Untuk itu, kamu perlu mengelap mobil dengan teknik yang benar.

Alih-alih sembarangan, mengelap mobil setelah dicuci harus dengan arah yang benar yakni searah dengan tujuan. Hal ini untuk menghindari baret di cat body mobil. Sayang kan, cuma gara-gara sembarang mengelap mobil kesayanganmu warnanya jadi kusam dan gak glowing lagi?

4. Jangan biarkan permukaan mobil kotor berdebu

Mobil berwarna gelap akan lebih terlihat kusam saat kotor atau berdebu. Selain nampak tak bagus secara visual, membiarkan debu menumpuk di permukaan mobil bisa bikin cat sedikit demi sedikit tertumpuk oleh kotoran. Oleh karena itu, jangan malas membersihkan mobilmu sebelum digunakan.

Semudah mengelapnya atau membersihkan dengan kemoceng. Namun seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, perhatikan teknik lap atau kemocengnya ya. Supaya permukaan mobilmu gak jadi baret.

5. Gunakan paint protection

Tips jitu yang terakhir agar mobil warna gelapmu tidak cepat kusam dan awet terawat adalah dengan cara melakukan paint protection. Hal ini wajib dilakukan karena memang lapisan pernis di cat mobil warna gelap terutama hitam itu sangatlah tipis.

Sehingga, jika kamu tidak melakukan langkah ini maka dijamin deh bisa membuat mobil terlihat lebih cepat kusam. Fyi, langkah paint protection ini perlu dilakukan dengan tujuan agar lapisan pernis pada cat mobil warna gelap tetap terjaga ketebalannya serta mampu menghilangkan baret.

Sebagai catatan nih, proses ini memang idealnya dilakukan setidaknya setahun sekali atau tergantung kebutuhan. Maka wajib hukumnya kamu mengkonsultasikan proses ini pada ahlinya.

Itulah beberapa tips jitu merawat mobil berwarna gelap agar catnya tetap awet dan gak kelihatan kusam. Semoga bermanfaat tipsnya!

 

Sumber : https://www.idntimes.com

Baca Juga : Dealer Mobil Honda Balikpapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat