5 Tips Merawat Power Window Mobil, Biar Nggak Gampang Macet

5 Tips Merawat Power Window Mobil, Biar Nggak Gampang Macet

Diposting pada oleh Admin

Honda Balikpapan : Teknologi power window memudahkan kita dalam menaik dan turunkan kaca mobil. Jika sebelumnya dibutuhkan tenaga untuk memutar tuas, saat ini kita hanya tinggal memencet tombol untuk menurunkan kaca jendela, bahkan dari panel pintu di sisi driver kita bisa membuka seluruh kaca mobil dengan tombol yang ada. Namun yang namanya teknologi tetap bakal ada kerusakan yang muncul, dan biasanya kerusakan power window menyebabkan kaca lambat saat melakukan gerakan naik atau turun dan parahnya lagi kaca benar-benar tidak bisa diturunkan karena macet. Nah, agar mobil kamu awet, kamu bisa lakukan lima tips merawat Power Window di bawah ini, ya.

1. Gunakan seperlunya

Semakin sering digunakan, power window akan semakin cepat rusak. Agar lebih awet, sebaiknya kamu menurunkan kaca jendelanya seperlunya. Jika kira-kira diturunkan sedikit sudah cukup untuk memasukkan udara dari luar ke dalam mobil, maka nggak perlu sampai menurunkan kaca jendela secara keseluruhan.

Jaga juga tombol power window dari tangan usil anak atau sepupu kamu yang masih kecil agar nggak sembarangan memainkan power window.

2. Bersihkan kaca jendela

Membersihkan kaca jendela juga mampu membuat power window awet, karena kotoran-kotoran dari kaca jendela yang nggak dibersihkan bisa masuk ke dalam dinamo power windowdan menyebabkan dinamonya macet. Selain itu, rutin membersihkan kaca jendela mobil juga dapat mencegah komponen-komponen power window menjadi cepat berkarat.

3. Bawa ke bengkel spesialis pintu secara berkala

Ada perlunya kamu membawa mobilmu ke bengkel spesialis pintu untuk dilakukan pengecekan berkala, lakukanlah paling tidak setiap enam bulan sekali. Selain untuk melakukan pengecekan kesehatan pintu mobil, kamu juga bisa meminta perawatan power window seperti penambahan minyak pelumas atau pembersihan dari dalam agar lebih awet.

4. Perhatikan kondisi karet di kaca mobil

Merawat Power Window Perhatikan kondisi karet di kaca mobil

Karet-karet yang sudah getas dan kotor juga bisa bikin power wndow bermasalah. Kotoran-kotoran dan bagian karet di kaca mobil bisa rontok dan masuk ke dalam sela-sela kaca mobil lalu membuat karat. Perhatikan kondisi karet kaca mobil ini, jangan ragu untuk menggantinya jika sudah mulai mengeras. Selain merusak power window, karet kaca yang sudah mengeras juga bisa membuat kaca mobil baret lho.

5. Jangan biarkan power window tidak digunakan dalam jangka waktu lama

Merawat Power Window

Jika mobilmu jarang ada penumpangnya dan lebih sering hanya kamu sendirian yang menaiki, maka kamu patut mewaspadai power window kaca belakangmu macet karena terlalu lama nggak pernah digunakan.

Power window adalah sistem mekanik yang tetap perlu digunakan untuk menjaganya tetap bekerja normal, sehingga kamu perlu untuk membuka dan menutup jendela pintu mobil yang jarang kamu gunakan secara rutin untuk membuatnya lebih awet.

Nah, mudah bukan cara agar power window mobil kamu lebih awet? Yuk, biasakan lakukan tips-tips ini dan sayangi mobil kamu ya, guys!

 

Baca Juga : Dealer Honda Nusantara Balikpapan, Dealer Honda Nusantara Samarinda

Sumber : https://www.idntimes.com/automotive

Join With : Toyota Samarinda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat